Jumat, 09 September 2011

Visit to Balikpapan Chapter I

Halo para walker, bagpacker, and visitor sejati perkenalkan saya Cahyo admin dari group ini.
Kali ini saya akan berbagi pengalaman dan informasi postingan pertama saya ini mengenai Jalan-jalan dan pengalaman saya di Balikpapan. langsung aja saya share. OK!


Pertama, pertanyaan yang muncul " Ngapain guwe di Balikpapan?"
kalau ada pertanyaan tentang itu saya jawab "guwe di Balikpapan kuliah cuy". cukup simple jadi saya disini kuliah di salah satu gedung yang dimiliki negara. ya udah dilihat dari Foto profil aja ya gak usah saya terangin kuliah dimana. Alhamdulilah saya bersyukur bisa disini. ini juga salah satu alasan bagi saya mengapa membuat blog ini hingga blog yang lain aku duakan. (hehehe...... super lebay)

Pengalaman  mengenai balikpapan, "Kesan guwe mengenai Balikpapan apa?"
Saya sebenarnya dulu sudah pernah tinggal di Kalimantan Barat, saya berfikiran kondisi Balikpapan sama lebih banyak hutan. tapi ternyata eh ternyata Balikpapan is the Biggest development City. waw!!!  Gedung-gedung mewah layaknya jakarta. Dan kotanya bersih dan sudah beberapa kali mendapat predikat ADIPURA. Hebat gak tuh! orang-orangnya ramah dan tertib.

sarana dan prasarana. "Apa yang guwe lakuin pertama saat datang ke Balikpapan?"
Pertanyaan ini konyol tetapi yang pertama pasti saya bingung cari taksi. oya ada informasi penting mengenai kendaraan umum disini. jangan salah sebut karena lain daripada yang lain. sempat buat tertawa saya. saya kira orang sini sok kaya atau gimana eh ternyata eh ternyata memang adatnya begini. ni informasinya.

Sebutan untuk TAKSI (TAXI) adalah ARGO
Sebutan untk Angkot (angkutan kota mobil carry atau kijang) adalah TAKSI

Gara-gara ini saya bingung waktu pengalaman pertama main keluar dari kost ada ibu-ibu ditelpun orang dengan pedenya dia menjawab, " aku sedang ditaksi nih dalam perjalanan nah," aku cekikian dengan temenku. tetapi ternyata itu memang sebutan untuk Angkot disini. kembali ke pengalaman.

Oya sampai mana tadi? yang saya lakuin ya? okelh yang saya lakuin terus mencari lokasi pendidikan tetapi sebelumnya karena saya dateng dari bandara malam saya cari hotel dahulu.

Maaf bukanya promosi tetapi cuma mau bantu aja ambil pilihan daripada bingung mau kemana, saya waktu itu dapat hotel yang murah lumayan untuk semalam sekitar Rp 300.000,00. Namanya "Hotel SIMPATIK" tanya aja sama supir argo(taksi) minta anter kesitu misalnya masih bingung. tarif taksi ada dua memakai argo dan memakai rute. kalau mau ke hotel, masih dalam satu rute bayarnya sekitar RP 45.000,00 sebenarnya cuman deket demi keamanan dan biar gak ribet saya saranin naik argo(taksi) aja dulu. setelah sampai di hotel nah tuh bisa tanya-tanya mau kemana kita. atau sambil keluar cari makan bisa tanya-tanya warung makan.orangnya ramah-ramah loh.!

Pusat kota Balikpapan berada di Terminal Damai (Balikpapan Permai orang sini menyebutnya terminal BP) menurut saya disitu sih karena pusat angkot alias taksi disitu. mau kemana kita angkot ada disitu.

CATATAN PENTING: Kalou mau naik angkot alias taksi jangan lupa tanya dahulu mau kemana walau kita rau rutenya kemana biar gak dioper-oper atau diputer-puter. ntar malah pusing.

mengenai prasarana angkot alias taksi telah ditentukan rutenya sesuai nomornya. tarif angkot RP 3000,00 jauh dekat sama.

rute angkot jka dari bandara sebagai berikut:

Angkot nomor 7 (warna Hijau Tua)
RUTE. Bandara Sepinggan Balikpapan- Terminal Damai (BP)

Nah kalau sudah sampai BP kit bisa kemana-mana tuh.

Angkot nomor 2A.(warna Hijau MUDa)
Kalau mau ke Jalan Mt Haryono-Balikpapan Baru-terminal Batu ampar Naik

Kalau mau ke Samarinda atau ke Kutai atau ke Bontang atau ke Sangatta naik Angkot 2 A ke Terminal Batu ampar alias terminal Pull Bis.

Sedangkan kalau mau jalan jalan:

Angkot Nomor 6 (Warna Biru)
RUTE. Terminal Damai-Mall Balikpapan Center- Pasar Klandasan-Monumen Perjuangan Rakyat-Lapangan Merdeka-Pantai Kemala-Pelabuhan

Angkot Warna Kuning saya lupa nomornya.
RUTE. Terminal Damai-Mall Balikpapan Center-..........-Kebun Sayur.

...............................................................
Rute Jika dari Pelabuhan yaiu:


Angkot Nomor 6 (Warna Biru)( tinggal dibalik rutenya)
RUTE. Terminal Damai-Mall Balikpapan Center- Pasar Klandasan-Monumen Perjuangan Rakyat-Lapangan Merdeka-Pantai Kemala-Pelabuhan

Angkot nomor 2A.(warna Hijau MUDa)
Kalau mau ke Jalan Mt Haryono-Balikpapan Baru-terminal Batu ampar Naik

Kalau mau ke Samarinda atau ke Kutai atau ke Bontang atau ke Sangatta naik Angkot 2 A ke Terminal Batu ampar alias terminal Pull Bis.


Mungkin sekian dahulu chapter pertama mengenai postingan saya tentang sarana umum ya. lain kali dlanjutkan lagi. "ada Apa sih di Balikpapan?" saya kan jawab setelah pesan-pesan yang berikut. thanks semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: